Menukar cetakan

1:25:00 AM / Posted by Ony Sulistioningtyas /

Kadang kita ingin membuat kue dengan cetakan berbeda dari cetakan yang ditentukan oleh resep. Misalnya, cetakan bulat, anda ingin menggantinya dengan cetakan tulban. Atau cetakan loaf ingin ditukar dengan cetakan segi empat.

Sepintas tampaknya penukaran cetakan amat sederhana. Tetapi sebetulnya tidak semudah itu. Karena volume tiap cetakan berbeda. Kalau adonan seharusnya ditempatkan di cetakan kecil, anda ganti ke cetakan yang besar, hasilnya kue akan renyah karena ukuran kue terlalu pendek.

Nah, bagaimana kalau anda ingin menukar cetakan? Mudah saja. Bandingkan volume kedua cetakan. kalau volumenya sama, anda tinggal mengganti cetakan. Tetapi kalau berbeda, lakukan hal berikut :

* Bila volume cetakan lebih kecil daripada volume cetakan yang ditentukan resep, gunakan lebih dari satu cetakan atau kurangi bahannya.

* Bila volume cetakan lebih besar daripada volume cetakan yang ditentukan resep, tambahkan bahannya.

Yang patut diingat, penambahan atau pengurangan bahan harus dilakukan pada semua bahan. Jadi bukan cuma telur, atau tepungnya saja, tapi semua bahan sampai ke garam dan vanili.

Penambahan atau pengurangan volume adonan juga berpengaruh pada lama pemanggangan. Kue yang volumenya lebih sedikit, membutuhkan waktu sebentar. Kue yang volumenya besar, harus dioven dalam waktu panjang.

Labels:

0 comments:

Posting Komentar