Sayur Lodeh

9:44:00 PM / Posted by Ony Sulistioningtyas /


Sayur lodeh ini resep dari Mama tercinta. Tapi sudah aku modifikasi sesuai selera aku dan keluarga.

Bahan :
10 utas kacang panjang. Potong 3 cm.
1 buah jagung manis. Potong-potong.
5 buah jagung muda. Iris tipis.
1 buah wortel. Iris tipis.
1/2 buah labu siam. Kupas. Potong kotak-kotak.
1 genggam buah melinjo
1 genggam daun melinjo
sepotong nangka muda untuk sayur (aku ga pake)
1 buah terong ungu potong kotak-kotak (aku ga pake)
1 papan petai (aku ga pake)
sedikit tempe yang sudah agak membusuk

Bumbu :
4 siung bawang merah iris tipis
3 siung bawang putih iris tipis
5 buah cabai merah iris tipis
10 buah cabai rawit iris tipis (bila tidak suka pedas bisa dikurangi)
3 buah cabai hijau besar iris tipis
1 sdm ebi kering
1 sdt terasi
3 lembar daun salam
3 cm lengkuas keprek
Garam, gula, vetsin sesuai selera
200 ml santan dari 1/2 butir kelapa

Cara membuat :
- Rebus jagung manis dan buah melinjo beserta semua bumbu kecuali santan hingga hampir matang.
- Masukkan wortel dan jagung muda. Masak hingga wortel setengah matang.
- Masukkan kacang panjang dan labu siam.
- Masukkan santan. Aduk terus hingga santan mendidih.
- Beri garam, gula dan vetsin sesuai selera. (aku suka agak manis)
- Setelah santan mendidih dan rasa sudah pas masukkan daun melinjo. Masak sebentar.
- Setelah daun melinjo lemas matikan api. Siap dihidangkan

Labels:

0 comments:

Posting Komentar